MENGENAL SUISEKI, BATU SERIBUSATU PESONA


Oleh: Freddy Ilhamsyah PA
596a
Pangantar

Walaupun para pakar dan pecinta Suiseki telah menyelenggarakan berbagai kegiatan pameran diantaranya yang disertakan dalam “Asia Pasific Bonsai Convention & Exhibition 1991” di Bali pada 22 Juni 1991, juga di Jakarta dan Medan, namun penulis yakin bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu SUISEKI yang penulis sebut sebagai Batu Seribu Satu Pesona.

Atas dasar itu, penulis merasa terpanggil untuk menyebarluaskan informasi pengenalan mengenai Suiseki, dengan harapan semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.
598
Berdasarkan hasil pengamatan penulis sejak belasan tahun lalu, dapat diketahui bahwa batu Suiseki sebenarnya banyak terdapat di sekitar lingkungan hidup kita. Tetapi karena Anda belum mengetahui secara mendetail tentang Suiseki, maka Anda tidak tahu bahwa sebenarnya di seputaran kaki Anda ada harta karun yang tidak ternilai harga, khususnya bagi Anda yang gemar bepergian ke sungai-sungai, tepi pantai yang berbatu ataupun ke perbukitan dan pegunungan.

Untuk mengetahui secara ringkas mengenai Suiseki, silahkan Anda meneruskan membaca tulisan ini lebih lanjut, dan semoga ada manfaatnya bagi Anda.
597a
Gebrakan Awal

Seni Suiseki yang awal pengenalannya di daratan Asia Tengah (Cina) kini telah merebak ke Jepang bahkan sampai ke Indonesia. Adalah H.Ismail Saleh, SH (mantan Menteri Kehakiman) dkk yang tergabung di PPSI (Persatuan Pecinta Suiseki Indonesia) atau dulu bernama PPBI (Persatuan Pecinta Bonsai Indonesia).

Menurut catatan sejarah, Suiseki sudah dikenal sejak 1.500 tahun lalu di Tiongkok, yaitu sekitar tahun 618 sampai 907 pada masa kerajaan Dinasti Tang dan Sung. Ketika itu Suiseki dikenal dengan sebutan Shang-Sek atau Yah-Sek. Artinya, batu yang dapat dinikmati keindahannya dalam jenis dan arti yang lebih luas. Nama Suiseki berasal dari akar kata Sui-Sek dalam bahasa Cina, yang berarti batu yang terkikis atau diukir oleh air berjuta tahun lamanya.
602a
Konon, sekitar 3.000 tahun yang lalu alkisah ada seorang rakyat biasa negeri Song menemukan sepotong batu. Karena percaya itu sangat bernilai maka batu tersebut disimpan baik-baik. Tamu-tamu yang berkunjung mengamati batu tersebut dan mulai menyenanginya. Pada awal Dinasti Tang (20 abad S.M) kegemaran terhadap batu alam yang terukir secara alami itu mulai digemari oleh masyarakat di Tiongkok.
DSC01920a
Menurut para pakar, keunikan Suiseki yang dipopulerkan oleh Jepang, ialah bila dipandang dari jarak jauh akan memancarkan keindahan bentuk artistik. Tetapi bila dipandang dari dekat, Anda dapat menikmati mutu dan kualitas batu, keindahan serat alur dan tekstur yang alami. Selain itu Suiseki juga merupakan suatu hasil hasil karya alam yang teramat unik. Ini dapat dilihat dari tekstur dan serat alur permukaan batu yang terukir oleh proses erosi alam dan waktu melalui suatu maha karya yang terbentuk secara misterius akibat proses alam berjuta tahun lamanya.

Suiseki Jon Hendri-4

Koleksi Jon Hendri no hp 082285459333

Dari ungkapan tersebut di atas, maka dapat ditarik satu kesimpulan bahwa pada dasarnya Suiseki terbagi dalam dua kelompok atau spesifikasi, yaitu :
591
I. Indah karena ungkapan dan imajinasi

Pemandangan alam:
Misalnya pemandangan pegunungan dll.

Abstrak :
Bebatuan yang bentuknya mampu menimbulkan berbagai imajinasi (daya khayal) atau keindahan dalam bentuk dan gambar abstrak yang ada di bebatuan tersebut.

Simbolik:
Bebatuan yang bentuknya menyerupai berbagai bentuk benda tertentu. Misalnya seperti lumpang, mangkuk, binatang dan sebagainya.
594
II. Keindahan yang terpancar dari batu

Keindahan warna:
Artinya ialah lebih mengutamakan penampilan unsur warnanya yang indah secara alami.

Serak alur:
Bebatuan yang memiliki serat dan alur yang terukir secara alami dengan gaya artistik yang indah.

Fosil:
Jenis ini lebih mengutamakan/terfokus pada bebatuan yang secara utuh atau sebagian menggambarkan tapak keindahan alam purbakala, seperti burung purba, serangga purba, ikan purba, tumbuhan purba dan lain-lain. Jenis ini pada umumnya banyak terdapat di benua Australia, Amerika Latin dan Cina.
584a
Sementara itu, kekerasan Suiseki yang dinilai memenuhi persyaratan seperti ketentuan yang telah disepakati oleh para pakar Suiseki Internasional ialah di atas 4,5 skala Mohns. Sedangkan kriteria keindahan yang digunakan ialah: Balance (keseimbangan), Rhythm (ritme), Contrast (kontras), Harmony (harmonis), dan Unity (keutuhan).
592a
Seni merangkai Suiseki

Selain batu Suiseki yang berbentuk asli, alami, utuh dan senyawa, masih banyak lagi macam ragamnya jenis Suiseki yang telah ditampilkan serta dikembangkan seperti hanya pengembangan dari gaya dasar yang terdapat pada seni merangkai Bonsai. Salah satu contohnya dapat dilihat pada beberapa gambar dalam tulisan ini. Foto-foto tersebut memperlihatkan hasil rangkaian penulis dari dua batu yang berbeda sehingga terlihat sebagai anak elang. Itu menurut imajinasi penulis.
DSC01914
Bila Anda kurang cermat mengamati foto tersebut, maka Anda akan beranggapan Suiseki anak elang itu merupakan batu Suiseki utuh. Padahal, batas leher ke atas batunya beda dengan bentuk badannya.

Suiseki Jon Hendri

Koleksi Jon Hendri untuk dijual No HP sms/wa: 082285459333.

Suiseki Jon Hendri-2a
Rangkaian Suiseki anak elang itu penulis temukan di galian C (sirtu) di Dusun Janggus, Desa Lubuk Kertang, Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara puluhan tahun lalu (1979).
586
Mungkin karena memang sudah jodohnya, kedua batu tersebut akhirnya bisa manunggal jadi seperti sesosok anak burung elang yang sudah jadi milik Ir.Iskandar Kasim (dulu Kaur. Perso Pertamina EP Pusat di Jakarta).

Beberapa petunjuk untuk merangkai Suiseki

Yang perlu diperhatikan dalam hal merangkai Suiseki ialah, bahwa batu yang akan dirangkai harus bentuk asli. Artinya, tidak boleh diukir/dipahat untuk memperoleh bentuk-bentuk yang diinginkan. Selain itu, bebatuan tersebut tidak boleh diberi zat pewarna, resin ataupun disemir. Biarkan semuanya dalam bentuk asli.

Suiseki Jon Hendri-5ad

on sale/dijual. Hubungi  melalui sms/wa: 082285459333

Oleh sebab itu, untuk menjadi seorang perangkai Suiseki Anda dituntut harus mempunyai daya imajinasi yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar kreasi Anda bisa membentuk rangkaian Suiseki yang bermutu dan artistik.
593
Murah tapi Mahal

Aneh bukan ? Memang begitulah kenyataanya bahwa batu Suiseki itu nilai bisa murah, tapi juga bisa mencapai ratusan juta rupiah harganya. Ini tentunya terpulang kepada para penggemarnya mau menilai berapa.
Batu unik-

Bagi Anda yang berminat dengan batu Suiseki di atas silahkan berhubungan dengan sdr. Rusnaidi HP 0852 7735 7070

Bagi Anda yang berminat dengan batu Suiseki di atas silahkan berhubungan dengan sdr. Rusnaidi HP 0852 7735 7070

Seperti juga dengan burung perkutut atau batu akik. Bagi mereka yang bukan penggemarnya, dijual murahpun mereka pasti tidak mau membelinya. Beda dengan para “penggila” nya. Berapapun nilainya, apabila mereka sudah “sreg” alias suka, berapapun nilai atau harga yang Anda tawarkan, pasti mereka beli.
588a
Sejak penulis promosikan mengenai Suiseki di Koran tempat penulis bekerja (Harian Bukit Barisan – Medan), Suiseki yang penulis sebut sebagai “Batu Seribusatu Pesona” merupakan bongkahan kerakal bebatuan atau batu gunung dan batu sungai yang tadinya tidak bernilai jual di wilayah penulis, jadi banyak diburu oleh para pemburu Suiseki dan batu akik dari luar daerah Langkat, sehingga batu-batu unik itupun mulai langka di daerah penulis.

Lokasi perburuan Suiseki

Bagi Anda yang ingin memburu atau berburu bebatuan jenis Suiseki sebenarnya tidak terlampau sulit. Syarat utamanya adalah, terlebih dahulu Anda mengenai bagaimana bentuk dan jenis bebatuan yang masuk dalam kategori Suiseki seperti yang telah penulis uraikan di atas.

Setelah itu, Anda masih dituntut untuk mengetahui daerah-daerah yang berpotensi mengandung bahan bebatuan yang dapat dijadikan Suiseki. Tentunya Anda harus pasang telinga yang tajam untuk mendapatkan informasi, di mana lokasi perburuan Suiseki itu berada.
589
Sebagai panduan untuk Anda, di bawah ini penulis jelaskan lokasi-lokasi yang diduga keras memiliki tambang bebatuan Suiseki, yaitu di Pulau Jawa ada di kawasan Sukabumi, Kuningan, Muntilan, Ciomas, Batu Kuwung, Pandeglang, Rangkas Bitung, dan Banten pada umumnya.
590a
Di Pulau Sumatera, ada di kawasan Jambi, Sarolangun, Ogan Komering, Baturaja, Lampung, Singkarak, Kerinci, Bukit Tinggi, Padang Pariaman, Sijunjung, Kota Nopan, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, Pahae, Tarutung, Prapat, Sembahe, Sibolangit, Pancurbatu, Kabanjahe, Branstagi, Saribudolok, Patumbak, Bahorok, Bukitlawang, sungai-sungai di kawasan Gunung Leuser, Pantai Buaya, Sawit Sebrang, Padang Tualang, Brandan Barat (Lubuk Kertang/Janggus), Parit Pamunggahan, Krueng Geukueh, Krueng Mane, dan sungai-sungai di celah-celah Gunung Seulawah.
599
Sebagai info tambahan, pada umumnya Suiseki bisa ditemukan di kawasan pegunungan yang banyak sungai, pebukitan, pantai laut yang berbatu dan tanah datar tempat galian sirtu seperti di Janggus.

Penutup

Sejak beberapa puluh tahun lalu, hampir setiap hari para pemburu batu akik juga Suiseki menjelahi setiap jengkal lahan galian sirtu di Dusun Janggus, Desa Lubuk Kertang (Paluh Tabuhan), Kecamatan Brandan Barat di Langkat termasuk di kawasan anak-anak sungai dibilangan Sawit Sebrang yang masih termasuk kawasan Kabupaten Langkat didatangi orang.
DSC01923
Menyinggung tentang jumlah temuan para pemburu tersebut, itu tergantung kejelian Anda untuk mencarinya ditambah sejauh mana pengetahuan Anda mengenal jenis bebatuan yang akan Anda buru. Namun yang jelas, daerah-daerah yang penulisa sebutkan di atas adalah merupakan daerah pemburuan yang baik dan ideal. Sebab, pada umumnya beberapa kawasan tersebut masih belum terjamah oleh para pemburu. Mengingat medan yang sulit ditempuh kendaraan bermotor (mobil maupun sepeda motor).

caties1

Suiseki-4

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-5

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-6

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-7

Koleki Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-8

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-11

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-10

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-12

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-3

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-1

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Suiseki-2

Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

12 Suiseki asli Indonesia tersebut di atas adalah milik Jon Hendri yang akan dijual kepada para peminat atau kolektor Suiseki dimanapun Anda berada.

Mirip patung Dewi Kwan Im

Mirip patung Dewi Kwan Im. Koleksi Jon Hendri (on sale/dijual)

Menurut pengakuan Jon kepada penulis, Suiseki hasil buruannya sudah banyak terjual dan dibeli oleh para kolektor Suiseki dalam negeri dan luar negeri seperti Korea, Taiwan dan Jepang. Proses penjualannya dilakukan secara online ataupun dapat membelinya secara langsung ke tempat kediaman Jon Hendri. Kualitas terjamin baik dan harga berdamai.

Suiseki Jon Hendri-6

Koleksi Jon Hendri untuk dijual hubungi nomor HP di bawah ini

Bagi Anda kolektor Suiseki yang berminat untuk mengoleksi Suiseki dapat menghubungi langsung sdra. Jon Hendri, melalui sms/wa: 082285459333. Jon juga ada di Facebook Jhon suiseki.

Alamat rumah Jon Hendri di Simpang Taratak, Jorong Koto Panjang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto V11, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat.

17 Komentar

  1. risyad nurhadi

    pak adakah tempat untuk mengetahui suiseki itu bagus atau tidaknya?lembaga yang mengeluarkan sertifikat untuk suiseki.

    • Waduh……saya kurang tau persis, Lembaga mana yg bisa mengeluarkan sertifikat utk Suiseki. Coba hubungi PPBI (Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia). Cari alamat Sekretariatnya di Google.

  2. info buat kawan2 penggemar suiseki silahkan berburu di kepulauan natuna dan anambas menakjubkan saya yakin….

  3. bang koleksinya dijual kah ?

    • Kalau kolesi milik saya tidak dijual, tapi kalau milik pak Yetno, mungkin dijual. Coba hubungi yg bersangkutan sesuai no. HP terlampir.

  4. pak, kapan ada pameran di LANGKAT dan MEDAN SEKITARNYA

  5. risyad nurhadi

    Terimakasih atas infonya, bpk punya info tentang kolektor yang mau membeli suiseki dengan harga tinggi?baik dalam negeri maupun luarnegeri. Saya punya batu suiseki yang bentuknya seperti kepunyaan wanita. Tanpa pahatan sedikitpun,jika bpk bisa membantu tentu ada persenan jika laku terjual. Terima kasih

  6. endi heoh...

    saya mempunyai banyak batu suiseki…. contk person… 08123784407, mksih….

    • Ok, info dan nomor kontak (HP) Anda saya tampilkan di blog ini. Siapa tau nanti ada yang berminat.

  7. abadi halawa

    banyak saya abadi halawa sekarang tinggal di Gunungsitoli Nias. Saya penggemar bonsai dan batu-batu yang bentuknya unik. saya mau tahu lebih banyak tentang suiseki. seperti ukuran suiseki, jenis batuan yang dapat disebut sebagai suiseki. apa batu yang selama ini dipakai sebagai aksesoris bonsai dapat disebut sebagai suiki. trims banyak.

    • Abadi Halawa, masalah Suiseki yang merupakan batu unik yang penuh pesona abstrak itu tidak ditentukan oleh ukurannya (kecil/besar), tapi keunikan bentuknya. Demikian sekilas info tambahan dari saya.

  8. Maikel Kurniawan

    Salam kenal,
    Luar biasa pak Freddy ,saya Maikel Kurniawan, sangat….sangat….senang dan suka dengan karya bapak ini( Blog kepunyaan Bapak).Informasi seperti ini sudah lama saya cari-cari, karena saya penggemar batu akik( sejak 2015 sampai sekarang) yg unik dan indah…dan ….sulit diucapkan dgn kata2.Saya sangat terpesona dengan batu_batuan Indonesia tercinta ini pak.Saya bersyukur sekali,saat ini telah menemui blog kepunyaan bapak, dan berterimakasih sekali bila diperkenankan berkenalan dgn bapak.Sementara sampai disini dahulu ya pak,lain kali disambung lagi.Terima kasih.Salam kenal dan salam hangat buat bapak serta keluarga.

  9. Muhammad ryo

    pak,..mau nanya,tempat suiseki di Jakarta dimana ya pak?makasih

    • Wah……….. kalau penjual suiseki di Jakarta saya kurang tau. Tetapi kalau memang berminat Anda dapat berhubungan langsung dengan sang “pemburu” Suiseki yang sudah menjual hasil bruruannya ke Korea, Taiwan dan Jepang.

      Ini nama, nomor kontak dan alamatnya. Jon Hendri, FB. Jhon suiseki sms/wa: 082285459333. Alamat Simpang Taratak, Jorong Koto Panjang, Nagari Limo Koto, Kecamatan Koto V11, Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat. Kualitas terjamin dan harga berdamai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s