CAMILAN SEHAT DI MEJA ANDA


Oleh : Arlina Prihhesti

Bekerja di depan komputer jinjing dengan seabrek tugas dari pagi hingga petang, bahkan kadang malam hari, tentu menjemukan. Kopi sudah ada, teh plus krim mungkin tak ketinggalan. Biasanya untuk sejumlah pekerja kantoran, camilan juga tak boleh ketinggalan menemani hari-hari bekerja di ruangan.

Nah camilan yang populer biasanya adalah gorengan, kacang, coklat atau makanan kemasan. Semuanya mengandung lemak, gula yang tinggi, MSG hingga pengawet. Tentu tidak sehat jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu panjang.

Boleh dong sesekali atau malah setiap hari menyiapkan camilan sehat di meja Anda. Camilan yang rendah kalori, rendah lemak, rendah garam hingga berserat tinggi.
Berikut lima camilan sehat yang layak diletakkan di meja Anda dan juga sehat disantap, al :

1. Keju
Siapa bilang keju kolesterol, sama sekali tidak. Produk makanan dari susu sapi atau kambing ini sangat sehat. Lemak dan kalorinya rendah. Jadi tidak membuat perut Anda membuncit. Keju malah bisa membantu melancarkan saluran percernaan. Yang paling penting keju tidak memiliki bahan pengawet kimiawi.

Anda bisa memakan keju dengan roti gandum atau dimakan begitu saja. Usai menyantap keju, jika tersisa, bungkus dengan rapat dan simpan di kulkas.

2. Biskuit beras Quaker
Produk pangan asal Amerika Serikat ini dikenal dengan kualitasnya yang jempolan. Quaker selalu mengutamakan kebersihan dan kandungan gizi di setiap produknya. Menyukai biskuit? Anda boleh mengganti biskuit coklat atau dodol yang biasa disantap di kantor dengan biskuit beras Quaker. Biskuit beras Quaker mengandung kalori rendah. Rasanya memang tawar, tapi jika diolesi dengan selai atau keju, tentu akan menjadi beda.

3. Biskuit Mini Larabar
Tak suka dengan rasa biskuit beras Quaker yang tawar, Anda bisa memilih biskuit mini Larabar. Biskuit ini memiliki rasa apple pie dan kue kacang, tentu cocok dengan lidah kebanyakan orang Indonesia. Biskuit Mini Larabar dibuat dari bahan baku pilihan serta rendah bahan pengawet.

Produk ini memang tidak dijual luas di Indonesia. Anda bisa mencarinya di gerai toko yang biasa dikunjungi oleh warga negara asing.

4. Jagung berondong
Jagung berondong atau populer dengan sebutan popcorn biasanya menjadi teman di saat nonton bioskop. Popcorn juga bisa dijadikan camilan di saat bekerja di kantor. Tapi jika tak ingin tekanan darah Anda naik, kurangi takaran garamnya ketika akan memanggang atau ganti dengan madu asli.

5. Buah
Buah segar sudah pasti sehat. Anda bisa memilih apel, pisang, jeruk, pir atau pepaya. Tinggal pilih. Ada baiknya jangan menyantap buah yang sudah dikupas kulitnya lebih dari empat jam. Kesegaran dan vitaminnya dipastikan sudah berkurang banyak.

Stabat, 16 November 2010

Penulis adalah Kepala Puskesmas Kelurahan Berasbasah Pangkalansusu dan alumni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Helvetia Medan Angkatan 2006

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s