DAUN SIRSAK MEMBUNUH SEL KANKER



Catatan : Freddy Ilhamsyah PA

Sirsak (Annona muricate) atau zuursak (Belanda) cukup banyak manfaatnya untuk manusia dan tanaman lainnya. Buahnya dikonsumsi sebagai buah segar atau dibuat aneka jenis minuman juice. Daunnya juga dipercaya sebagai anti-kanker. Jenis kanker yang dapat dihambat herbal daun sirsak adalah kanker prostat, pankreas, dan paru-paru.

Selain itu daun sirsak juga dapat dijadikan pestisida nabati untuk melawan thrips cabe, kutu daun kentang, wereng pada padi, dan belalang.

Efek herbal
Anti-kanker, anti-diabetes, anti-bakteri, antijamur, emetik, sedative, digestive, analgesik, dan anti-mutagenik.

Senyawa aktif
Akar mengandung alkaloid, saponin, steroid atau trierpenoid, dan asetogenin. Buahnya mengandung protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B dan vitamin C. Daun dan batangnya mengandung tanin, fitosterol, ca-oksalat, dan alkaloid murisine. Sedangkan khusus daunnya mengandung turunan senyawa sesquiterpen seperti β-elemene, isocaryophyllene, β-caryophollene, α-humulene, γ-muurolene, OC-selinene, α-muurolene, germacrene A, dan β-cadinene.

Bukti ilmiah

Dari berbagai uji eksperimental in vitro di Amerika Serikat menunjukkan senyawa kimia dalam daun sirsak terbukti membunuh sel kanker payudara, ovarium, usus, prostat, liver, paru-paru, pankreas, dan kanker limpa. Senyawa ini membunuh sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel lain yang masih sehat. Senyawa aktif dalam daun meningkatkan pemompaan P-glycoprotein untuk menghasilkan senyawa bersifat antikanker alias kemoterapi.

Selain itu senyawa aktif dalam daun sirsak juga terbukti menurunkan kadar trigliserida, total kolestrol, dan LDL dalam darah hewan percobaan. Disamping itu juga terjadi peningkatan HDL alias kolestrol baik.

Tip Resep

Kanker :
Ambil 10 lembar daun sirsak kemudian direbus dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Angkat, dinginkan, dan saring. Minum secara teratur 1 kali sehari sampai sembuh.

Sakit Pinggang :
Sebanyak 17 lembar daun sirsak direbus dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Minum secara teratur 1 kali sehari setiap kali minum ½ gelas.

Mencret :
Buah sirsak yang sudah masak diperas dan diambil airnya sebanyak 1 gelas. Minum 2 kali sehari. Resep ini juga dapat digunakan untuk mengobati ambeien. (Trubus Info Kit vol.08 dan sumber lainnya).

2 Komentar

  1. Prabowo

    Bagi yang butuh daun sirsak segar bisa hub kami di 082136712513, selalu ada stok, Trims Prabowo Jogja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s